0


Salah satu portal yang dapat kita manfaatkan sebagai sumber belajar gratis adalah Rumah Belajar. Rumah Belajar dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom).  Domain Rumah Belajar adalah https://belajar.kemdikbud.go.id.
Portal belajar ini dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa maupun orangtua. Guru dapat memanfaatkan portal ini sebagai salah satu sumber ilmu untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih interaktif. Siswa juga dapat memanfaatkan portal ini sebagai sumber belajar mandiri yang dapat di akses kapan saja dan di mana saja. Sementara bagi orang tua, portal ini dapat dimanfaatkan pada saat mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.
Portal Rumah Belajar banyak menyediakan fitur yang sangat dibutuhkan oleh siswa, guru maupun orang tua. Ada tiga konten yang terda[at pada portal ini yakni; (1) fitur utama, (2) konten terbaru, dan (3) fitur pendukung. Fitur utama yang terdapat pada portal ini antara lain;
1.    Sumber belajar : fitur ini menyediakan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif. Setiap materi akan dikupas mulai ringkasan simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi, hal ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi terkait.
2.    Buku sekolah elektronik/BSE : sebagai pilihan alternatif bagi siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar.
3.    Bank soal : kumpulan soal-soal latihan dan tes
4.    Laboratorium maya :
5.    Peta budaya : mempelajari berbagai macam budaya di Indonesia
6.    Wahana jelajah angkasa : sebagai simulasi benda-benda angkasa.
7.    Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)
8.    Kelas maya : kelas virtual sehingga fasilitator atau guru dapat mengajar siswa dari jarak jauh.

Konten Terbaru memuat pancasila dari masa ke masa dan turbin ulir. Sedangkan fitur pendukung berisi karya komunitas, karya guru dan karya bahasa dan sastra.


Posting Komentar

 
Top