0




Kompetisi guru berprestasi bertujuan untuk memberikan penghargaan dan motivasi kepada guru untuk terus berkarya yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan profesionalismenya. Aku mengikuti kompetisi ini untuk pertama kalinya pada tahun 2010 yaitu kegiatan Kompetisi Guru Madrasah Tsanawiyah Berprestasi. Kompetisi ini diadakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu. Penilaian kompetisi ini berdasarkan gabungan nilai portofolio dan nilai presentasi karya tulis. Setiap guru yang mengikuti kompetisi ini, diwajibkan untuk menyusun portofolio sesuai dengan petunjuk teknisnya. Selain menyusun portofolio, peserta juga mengajukan karya tulis, dapat berupa laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), progress report PTK atau karya lain berupa media pembelajaran. Aku menyusun portofolio dan karya tulis pengembangan media permainan Human Body Board sebagai media pendamping pembelajaran IPA SMP/MTs. Setelah mengikuti kompetisi tersebut, Alhamdulillah aku memperoleh predikat Juara II Guru Madrasah Tsanawiyah Berprestasi Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2010.
Kompetisi guru yang berikutnya aku ikuti adalah Lomba Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNIB pada tahun 2011. Guru yang mengikuti kompetisi ini, diberi waktu untuk mendesain RPP khusus materi biologi jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Kemudian guru hanya hanya boleh mengirimkan satu karya lomba kepada panitia. Aku membuat desain RPP berupa skenario pembelajaran materi Reproduksi Tumbuhan yang dilengkapi dengan video pembelajaran untuk apersepsi, Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk kegiatan inti, soal untuk posttest dan peta konsep materi. Pada kompetisi ini, Alhamdulillah Aku mendapatkan predikat Juara I Lomba Design RPP Guru.
Di tahun berikutnya yaitu 2012, aku kembali mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNIB. Tentu saja untuk mengikuti kompetisi ini, peserta harus menghasilkan satu karya. Ada dua ajang lomba yang aku ikuti, yaitu Lomba Pembuatan Soal Biologi dan Lomba Ceramah Biologi. Pada lomba pembuatan soal biologi, peserta hanya diminta untuk mengirimkan satu naskah lombanya saja. Aku mengirimkan naskah lomba berupa kisi-kisi soal biologi, soal biologi dan kunci jawaban beserta pembahasannya. Soal yang aku buat terdiri dari soal bentuk pilihan ganda, soal benar-salah, dan uraian. Soal yang dibuat juga beragam mengacu pada taksonomi Bloom. Pada lomba ceramah biologi aku tidak mendapatkan predikat juara, sedangkan pada lomba pembuatan soal, aku mendapat predikat Juara I Lomba Pembuatan Soal Biologi.
Di tahun-tahun berikutnya aku selalu berusaha mengikuti ajang kompetisi dengan menghasilkan suatu karya. Ada yang memperoleh predikat juara dan ada juga yang tidak mendapatkan predikat juara. Prestasi yang memperoleh predikat juara antara lain, Juara II Kepala Madrasah Tsanawiyah Tingkat Nasional (2014), Juara I Kepala SMP/MTs Tingkat Kabupaten (2015), Juara Harapan I Kepala Madrasah Tsanawiyah Tingkat Nasional (2016) dan terakhir Juara I Guru Madrasah Tsanawiyah Tingkat Provinsi (2017). Semua kebutuhan dan persiapan untuk mengikuti kompetisi guru, aku penuhi dari tunjangan profesi yang telah aku peroleh. Aku mengikuti ajang-ajang kompetisi, bukan hanya sebagai pembuktian eksistensi diriku, namun juga sebagai wadah untuk memperoleh pengakuan terhadap semua karya-karyaku.

Posting Komentar

 
Top