Guru diharapkan
mampu menggunakan media pembelajaran yang ada di madrasah. Di samping mampu
menggunakan alat-alat yang tersedia di madrasah, guru juga dituntut untuk
mengembangkan keterampilannya dalam membuat media pembelajaran yang akan
digunakan apabila media tersebut belum tersedia di madrasahnya. Media
pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran.
Metode dan media pembelajaran merupakan dua aspek yang saling berkaitan.
Pemilihan metode mengajar memengaruhi media apa yang akan digunakan. Penggunaan
media pembelajaran akan memberi stimulus dan motivasi belajar bagi peserta
didik.
Sebelum
mendapatkan tunjangan profesi, saya sudah mulai membuat media pembelajaran
sendiri. Media pembelajaran yang telah saya buat berupa transparansi materi pembelajaran
biologi dan awetan basah (taksidermi)
makhluk hidup.
Dengan adanya
tunjangan profesi, saya mencoba membuat lebih banyak contoh media pembelajaran.
Media pembelajaran yang pernah saya buat antara lain berupa bahan presentasi
menggunakan software powerpoint. Materi
yang saya buat presentasinya, dilengkapi dengan video pembelajaran yang saya download dari internet. Untuk
menciptakan suasana belajar yang asik, saya membuat media pembelajaran berupa papan
permainan, Human Body Board (HBB)
untuk materi sistem-sistem dalam tubuh manusia. Materi mengenai sistem dalam
tubuh manusia terbagi dalam beberapa bab. Papan permainan ini bertujuan untuk
menyajikan materi dari beberapa bab menjadi satu kesatuan, sehingga peserta
didik dapat menghubungkan setiap sistem yang berlangsung dalam tubuh manusia.
Media ini disadur dari konsep permainan monopoli. Selain itu saya juga membuat
media papan Binomial Nomenklatur.
Papan permainan ini mirip dengan permainan ular tangga. Tujuan dari media ini
adalah membantu peserta didik menghapal nama-nama latin makhluk hidup yang ada
di sekitar mereka.
Posting Komentar