0


Guru diharapkan mampu menggunakan media pembelajaran yang ada di madrasah. Di samping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia di madrasah, guru juga dituntut untuk mengembangkan keterampilannya dalam membuat media pembelajaran yang akan digunakan apabila media tersebut belum tersedia di madrasahnya. Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Metode dan media pembelajaran merupakan dua aspek yang saling berkaitan. Pemilihan metode mengajar memengaruhi media apa yang akan digunakan. Penggunaan media pembelajaran akan memberi stimulus dan motivasi belajar bagi peserta didik.
Sebelum mendapatkan tunjangan profesi, saya sudah mulai membuat media pembelajaran sendiri. Media pembelajaran yang telah saya buat berupa transparansi materi pembelajaran biologi dan awetan basah (taksidermi) makhluk hidup. 
Dengan adanya tunjangan profesi, saya mencoba membuat lebih banyak contoh media pembelajaran. Media pembelajaran yang pernah saya buat antara lain berupa bahan presentasi menggunakan software powerpoint. Materi yang saya buat presentasinya, dilengkapi dengan video pembelajaran yang saya download dari internet. Untuk menciptakan suasana belajar yang asik, saya membuat media pembelajaran berupa papan permainan, Human Body Board (HBB) untuk materi sistem-sistem dalam tubuh manusia. Materi mengenai sistem dalam tubuh manusia terbagi dalam beberapa bab. Papan permainan ini bertujuan untuk menyajikan materi dari beberapa bab menjadi satu kesatuan, sehingga peserta didik dapat menghubungkan setiap sistem yang berlangsung dalam tubuh manusia. Media ini disadur dari konsep permainan monopoli. Selain itu saya juga membuat media papan Binomial Nomenklatur. Papan permainan ini mirip dengan permainan ular tangga. Tujuan dari media ini adalah membantu peserta didik menghapal nama-nama latin makhluk hidup yang ada di sekitar mereka.

Posting Komentar

 
Top