0



Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang menyediakan banyak pilihan wisata bagi pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. Pilihan wisata yang tersediapun lengkap, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata religi, wisata bahari, wisata kuliner hingga panorama alam.
Tak lengkap rasanya, bila kita berkunjung ke Bengkulu, tidak mampir ke Bukit Kaba. Bukit Kaba merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di provinsi Bengkulu. Bukit Kaba terletak di kabupaten Rejang Lebong, yang berjarak 15 km dari Curup ibukota kabupaten. Hanya butuh waktu dua jam dari Kota Bengkulu, untuk menuju Bukit Kaba. Udara pegunungan yang sejuk, telah menyambut kita di kaki bukit.
Ketinggian Bukit Kaba 1.938 m dpl. Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis untuk para pecinta alam. Puncak bukit ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing berwarna hijau dan putih kecoklatan. Kawah berwarna hijau, biasa disebut dengan kawah mati, yaitu kawah dengan lubang besar menganga dan terdapat air berwarna hijau di dasar kawahnya. Sementara kawah yang satu lagi berwarna putih, yang biasa disebut kawah hidup karena masih ada aktivitas vulkaniknya. Terdapat dua buah jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai puncak. Jalur pertama melalui hutan lebat yang penuh semak belukar dengan jurang di kanan-kirinya. Sedangkan jalur yang lain telah dibangun dengan menggunakan aspal. Waktu tempuh dari pos pendakian menuju puncak adalah 2-3 jam perjalanan.
Wisata di bukit ini, memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pecinta alam. Kita akan terlihat sangat kecil bila telah berada di puncaknya. Memandang di sekeliling, dengan hamparan batu besar. Seakan kita bisa merasakan dahsyatnya letusan yang pernah terjadi di bukit ini.

Posting Komentar

 
Top